Fakta Benarkah BBM Sedot Pulsa dan Baterei Gadget Android - NOL DESIBEL

Breaking

NOL DESIBEL

make it simple, with silent

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 10 November 2013

Fakta Benarkah BBM Sedot Pulsa dan Baterei Gadget Android

Konsumsi baterei dan pulsa menjadi bahan pembicaraan para pengguna Android saat menjalankan aplikasi BlackBerry Messenger atau BBM. Benarkah itu?


Sebelum mengupas lebih dalam untuk menjawab pertanyaan tersebut, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa menjalankan BBM di Android sama saja dengan membuka akses Internet dengan mengunjungi server BlackBerry Messenger.

Kemudian, dari sisi karakteristik layanannya, BBM selalu meng-update setiap pesan yang masuk ke akun BlackBerry ID.

Hal itulah yang kemudian menimbulkan kecurigaan jangan-jangan BBM membuat barterei dan pulsa ponsel maupun tablet di Android menjadi boros. Benarkah hal itu?

Konsumsi pulsa BBM

Mengakses Internet dengan peranti Android sebenarnya ada dua cara, yaitu melalui jaringan WiFi sehingga tak menggerus pulsa dan akses Internet dengan memasang SIM Card di peranti Android.

Kalau ada cukup nyaman dengan mengaktifkan akses Internet di Android dengan WiFi, maka masalah itu sudah terjawab: BBM tak boros pulsa.

Lalu bagaimana kalau menyalakan BBM dengan Internet Seluler dengan SIM Card? Riset yang dilakukan Vaksin.com menyebutkan konsumsi download data BBM menempati peringkat ke-3 setelah Google Play Store dan Streaming Media Player.

Dalam riset itu, disebutkan bahwa konsumdi data Google Play Store mencapai 20,06 megabyte (MB), streaming media player 15,39 MB, dan BBM 11,85 MB.

Dari riset kecil-kecilan Vaksin.com dapat disimpulkan bahwa BBM termasuk penyumbang ketiga konsumsi data yang berbanding lurus dengan konsumsi pulsa.

Semakin banyak data yang diakses dengan peranti Android, maka semakin banyak pulsa tersedot.

Untuk itu, disarankan agar menggunakan kombinasi akses WiFi dan Internet seluler saat mengaktifkan BBM.

Konsumsi Baterai

Karakteristik layanan BBM adalah live, sehingga informasi ataupun pesan akan terus ter-update. Artinya, Antena seluler dan WiFi peranti Android akan terus ‘memburu’ sinyal untuk menyambungkan peranti tersebut ke jaringan Internet.

Padahal, di ketika BBM terus on, pengguna peranti Android juga membuka aplikasi lain seperti memainkan multimedia atau menjelajah Internet. Kombinasi tiga operasi itu saja sudah menyedot baterei.

Jadi, BBM sebenarnya bukan penyebab tunggal borosnya baterei, karena setiap menjalankan aplikasi Android pada dasarnya menyedot baterai.

Untuk itu, pandai-pandailah menghemat aplikasi saat Anda lebih membutuhkan BBM.


sumber : http://gadget.bisnis.com/read/20131107/280/185149/benarkah-bbm-sedot-pulsa-dan-baterei-gadget-android

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here